Prodi Magister Akuntansi

LATAR BELAKANG

Program Magister Akuntansi Universitas Muslim Indonesia (MAKSI-UMI) Makassar hadir untuk menjawab tuntutan zaman akan kebutuhan tenaga-tenaga ahli dan profesional yang aplikatif dalam pemecahan masalah-masalah akuntansi dan keuangan. MAKSI-UMI merupakan program studi pada program pascasarjana yang didirikan berdasarkan keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI dengan SK No. 3003/D/T/2005, tanggal 31 Agustus 2005. UMI telah memperoleh Akreditasi Institusi dari BAN-PT berdasarkan SK No. 036/BAN-PT/Ak-Inst./III/2008, tanggal 07 Maret 2008.

VISI

Visi program studi Magister Akuntansi adalah:

Menjadi salah satu program studi yang menciptakan sumberdaya manusia dalam bidang akuntansi yang terbaik di Indonesia pada tahun 2015.

MISI

Misi program studi Magister Akuntansi adalah:

Menjadi penyelenggara program akuntansi untuk menjadikan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang berwawasan teknologi informasi dan ke-Islaman.

TUJUAN

Tujuan program studi Magister Akuntansi adalah:

Menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berbasis teknologi informasi dengan mengedepankan ke-Islaman.

LAMA STUDI

Program studi Magister Akuntansi dengan lama studi dua tahun dalam empat semester. Perkuliahan pra atau matrikulasi berlangsung delapan frekwensi tatap muka, bertujuan memberi penyegaran sebelum kuliah reguler dimulai. Untuk melulusi seluruh mata kuliah, mahasiswa dapat menyelesaikan program tersebut dalam waktu minimal 18 bulan.

WAKTU STUDI

Perkuliahan pendidikan Magister Akuntansi didesain secara terprogram dan terstruktur sehingga para peminat dalam mengikuti studi lanjut S2 dapat memilih alternatif waktu perkuliahan, baik kuliah pra (matrikulasi) maupun kuliah reguler, yaitu:

  • Sabtu & Ahad (weekend), dari pukul 07.30 s/d 21.30 wita
  • Senin s/d Jum’at (weekday), dari pukul 15.30 s/d 21.30 wita

PERSYARATAN

  • Berijazah Sarjana Terakreditasi dan Transkrip nilai akademik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dengan menyerahkan foto copy yang telah disahkan/dilegalisir masing-masing dua rangkap
  • Terdaftar sebagai calon mahasiswa dengan mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran sesuai jadual yang telah ditentukan, serta bukti pembayaran formulir, pendaftaran dan seleksi dari BMT Ukhuwah UMI
  • Melampirkan Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae)
  • Melampirkan surat ijin mengikuti pendidikan bagi PNS dan swasta
  • Menyerahkan pas photo terbaru ukuran 4×6 cm (dua lembar), 3×4 cm (enam lembar), dan 2×3 cm (empat lembar)

KURIKULUM

Untuk dapat menyelesaikan pendidikan Magister Akuntansi, mahasiswa diwajibkan melulusi seluruh mata kuliah dari semester I s/d semester IV yang berjumlah 13 mata kuliah sebanyak 42 SKS.

MATA KULIAH PRA MAGISTER

NO
MATA KULIAH
SKS
1
PENGANTAR AKUNTANSI KEUANGAN
2
PENGANTAR AKUNTANSI MANAJEMEN
3
PENGANTAR AUDIT
4
DASAR-DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
5
BAHASA INGGRIS

MATA KULIAH REGULER

NO
KODE MK
MATA KULIAH
SKS
SEMESTER I
1
3MA1101 FILSAFAT ILMU & FILSAFAT ISLAMI
3
2
3MA1102 EKONOMI MANAJERIAL
3
3
3MA1104 AKUNTANSI KEUANGAN
3
4
3MA1105 AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN
3
JUMLAH
12
SEMESTER II
1
3MA1206 METODOLOGI PENELITIAN AKUNTANSI
3
2
3MA1207 AUDITING LANJUTAN
3
3
3MA1208 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
3
4
3MA1209 KEPEMIMPINAN ISLAMI
3
JUMLAH
12
SEMESTER III
1
3MA2310 ETIKA PROFESI AKUNTANSI
3
2
3MA2311 TEORI AKUNTANSI
3
3
3KA23?? 2 mata kuliah konsentrasi @ 3 SKS
6
JUMLAH
12
SEMESTER IV
1
6MA2400 T E S I S
6
JUMLAH
6

 

MATA KULIAH KONSENTRASI

NO
KODE MK
MATA KULIAH
SKS
AKUNTANSI MANAJEMEN
1
3KA2301 SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
3
2
3KA2302 MANAJEMEN BIAYA STRATEGIK
3
JUMLAH
6
AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
1
3KA2303 AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
3
2
3KA2304 AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH
3
JUMLAH
6
AUDITING
1
3KA2305 AUDIT KINERJA
3
2
3KA2306 AUDIT FORENSIK & KORUPSI
3
JUMLAH
6
PERPAJAKAN
1
3KA2307 PERPAJAKAN
3
2
3KA2308 MANAJEMEN PAJAK
3
JUMLAH
6
AKUNTANSI SYARIAH
1
3KA2309 AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH
3
2
3KA2310 MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH
3
JUMLAH
6

JENIS BIAYA

  • Biaya formulir
  • Biaya pendaftaran dan seleksi
  • Biaya Pra Magister
  • BPP/SPP, yang dapat diangsur setiap semester berjalan
  • Biaya ujian semester (Ujian Peningkatan Kualitas)
  • Biaya pendaftaran ulang/registrasi
  • Biaya Seminar Proposal
  • Biaya Seminar Hasil
  • Biaya Ujian Tesis
  • Biaya lain-lain

Catatan penting:

  • Pembukaan konsentrasi atau bidang kekhususan yang diminati dapat terlaksana, jika jumlah mahasiswa telah mencukupi
  • Mahasiswa dapat mengikuti Seminar Proposal setelah membayar 70% dari BPP/SPP atau telah ujian UPK semester kedua (75% masa studi)
  • Mahasiswa dapat mengikuti Seminar Hasil setelah membayar 80% dari BPP/SPP atau telah ujian UPK semester ketiga (90% masa studi)
  • Mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tesis setelah membayar 100% dari BPP/SPP atau telah menempuh minimal 18 bulan masa studi
  • Nilai kelulusan ujian minimal “C” dapat diperbaiki atau diprogramkan kembali pada semester berjalan
  • Mahasiswa dinyatakan lulus ujian Tesis setelah diyudisium dengan memperoleh nilai IPK minimal 3,00 dan nilai C tidak lebih dari dua

TENAGA PENGAJAR

DOSEN TETAP

  • Dr. H. Mansyur Ramly, SE.,MS.,MBA.
  • Dr. H. Muh. Nasir Hamzah, SE.,M.Si.
  • Dr. H. Salim Basalamah, SE.,MS.
  • Dr. H. Syahrir Mallongi, SE.,M.Si.
  • Dr. Syahnur Said, SE.,MS.
  • Dr. Abdul Rahman Mus, SE.,MS.
  • Dr. Basri Modding, SE.,MS.
  • Dr. Mursalim Umar Gani S., SE.,MS.
  • H. Murdifin Haming, SE.,MS.,Ph.D.
  • Dr. Mahfud Nurnajamuddin, SE.,MM.
  • Dr. Bahar Sinring, SE.,M.Si.
  • Dr. H. Baharuddin Semmaila, SE.,M.Si.
  • Hamzah Hafied, SE.,M.Si.,Ph.D.
  • H. Muhammad Su’un, SE.,M.Si.,Ak.
  • H. Muchtar Lamo, SE.,M.Si.
  • Mursalim, SE.,M.Si.,Ak.
  • Muchlis Sufri, SE.,M.Si.
  • Ilham Labbase, SE.,M.Si.
  • Junaidin Zakaria, SE.,M.Si.
  • H. Achmad Gani, SE.,M.Si.
  • Sabri Hasan, SE.,MM.
  • H. Zainuddin Rahman, SE.,M.Si.
  • Muh. Jobhaar Bima, SE.,MS.,Ph.D.
  • Rusjdin, SE.,MM.,Ph.D.
  • Baharuddin Latief, SE.,MS.,Ph.D.
  • R. Sudirman, SE.,MS.
  • H. Zaenal Arifin, SE.,MS.
  • Hj. Jeni Kamase, SE.,MS.
  • Hj. Masdar Mas’ud, SE.,MS.
  • Hj. Syamsu Nujum, SE.,M.Si.
  • Roslina Alam, SE.,MS.
  • Hj. Andi Nirwana Nur, SE.,MM.
  • St. Sukmawati, SE.,MM.

DOSEN TIDAK TETAP

  • Dr. Hadri Kusuma, MBA.
  • Dr. Gagaring Pagalung, SE.,M.Si.,Ak.
  • Drs. M. Arif Tiro, M.Sc.,M.Pd.,Ph.D.
  • H. Muh. Akhyar, MA.,Ak.
  • Abdul Hamid Habbe, SE.,M.Si.
  • Kumalahadi, M.Si.,Ak.
  • Darwis Said, SE.,M.Si.,Ak.
  • Mediati, SE.,M.Si.,Ak.

FASILITAS

  • Gedung perkuliahan lantai empat dan dua
  • Ruang kuliah dengan fasilitas full AC, LCD projector & OHP
  • Ruang kuliah kapasitas 15 – 30 mahasiswa
  • Ruang kuliah eksekutif lantai dasar
  • Perpustakaan
  • Aula pertemuan yang representatif
  • BMT Ukhuwah UMI
  • Bank Syariah Mandiri & ATM
  • Internet (jaringan WLAN & Hotspot)
  • Foto copy & penjilidan
  • Mushollah full AC
  • Lobby room
  • Kantin dengan Coffee Campus
  • Dispencer (kopi & teh) di setiap lantai
  • Generator & Emergency lamp

PIMPINAN / PENGELOLA

Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (PPs-UMI) dengan program studi Magister Akuntansi dikelola dalam suatu manajemen organisasi sebagai berikut:

  • Direktur : Dr. H. Hambali Thalib, SH.,MH.
  • Asisten Direktur I : Dr. Basri Modding, SE.,MS.
  • Asisten Direktur II : Hamzah Hafied, SE.,M.Si.,Ph.D.
  • Asisten Direktur III : H. Ma’ruf Hafidz, SH.,MH.
  • Ketua Program Studi : Mursalim, SE.,M.Si.,Ak.

Gelar akademik untuk program studi Magister Akuntansi adalah “Magister Akuntansi” (M.Ak.)

Informasi selengkapnya dapat Anda peroleh di :

Bagian Administrasi Akademik Gedung A 2nd floor

Kampus PPs-UMI, Jln. Urip Sumoharjo No. 225 Makassar 90232

‘ (0411) 454534 7 (0411) 458724

e-mail : pascaumi@telkom.net atau pascaumi@gmail.com contact person : mas Lucky È081342415244